Sabtu Nanti, Kemenag Gelar Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama

JAKARTA,KITAKATOLIK.COM—Sabtu (14/1/2023) nanti, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar  Jalan Sehat Kerukunan  dan Deklarasi Damai Umat Beragama yang akan dimulai pukul 06.00 WIB hingga selesai.

Gelaran ini dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama.

“Sabtu pagi, Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama jajarannya dan ASN Kemenag akan menggelar Jalan Sehat Kerukunan,” terang Ketua Panitia HAB ke-77 Kemenag Fesal Musaad di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Dia menjelaskan bahwa untuk kantor pusat, jalan sehat kerukunan akan dihadiri sekitar lima ribu peserta.  Selain pegawai kantor pusat Kemenag, akan hadir juga utusan dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Ikut bergabung juga, kontingen dari sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Jakarta dan sekitarnya.

Jalan Sehat Kerukunan akan mengambil rute dari halaman depan kantor pusat Kemenag, Jalan Taman Pejambon, menuju Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Timur, lalu ke Jalan Perwira dan kembali ke halaman kantor pusat Kemenag.

“Jalan Sehat Kerukunan juga akan dihadiri tokoh agama dan tokoh pemuda dari berbagai majelis agama serta ormas keagamaan. Bersamaan itu, nantinya akan dilakukan Deklarasi Damai Umat Beragama,” ujar Fesal.

Deklarasi, kata Fesal, antara lain akan menyampaikan pesan tentang pentingnya upaya bersama dalam penguatan moderasi beragama dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama. Juga komitmen menghindari hoaks dan tindakan intoleransi.

“Ini sesuai tema HAB ke-77 Kemenag, yaitu “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat” dan relevan dalam menyongsong tahun politik,” tandasnya.

Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama akan dimeriahkan juga dengan pameran dan bazaar produk halal UMKM di halaman kantor pusat Kementerian Agama. Pameran dan bazaar akan dibuka berlangsung dua hari, 13 – 14 Januari 2023. (Admin/kemenag).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *