Renungan Senin, 21 November 2022: Berbagilah Bukan Hanya Karena Berlebihan, Tapi Karena Kasih yang Tulus!

Di Bait Allah, tatkala Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.   Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.

Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.  Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.” (Lukas 21: 1-4).

Oleh: Romo John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng.

PEMBERIAN dan kepedulian sekecil apapun (dalam bentuk  materi, uang, nasihat, solusi, perhatian, teguran, dan lain-lain) pasti memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Semangat berbagi dan peduli bukanlah sebuah tindakan yang diberikan karena kelebihan yang ada pada diri kita.  Dalam segala kekurangan dan kesederhanaan hidup, kita pun dapat memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan.

Yesus mengajarkan sikap dan semangat kepedulian yang lahir dari ketulusan dan kesederhanaan untuk mau berbagi dan berbela rasa. Tidak peduli berapa besar jumlah yang diberikan, yang terpenting ada dan dengan  tulus hati.

Dalam situasi masyarakat dewasa ini, sikap dan semangat mau berbagi dan peduli dengan orang lain mesti dipraktekkan. Sikap demikian hendaknya lahir dari sikap beriman dan kesetiaan kepada Yesus, Sang Anak Domba yang telah menyucikan kita dengan darahNya yang kudus.

Konkretisasi dari sikap dan semangat ini kita wujudnyatakan  antara lain dalam kesadaran memberikan kolekte dalam perayaan Ekaristi. “… sesungguhnya janda miskin ini memberi (kolekte) lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya” (Lukas  21:3-4).

Selamat berbagi dan peduli dengan orang lain, apapun keadaan kita. Selamat berkolekte. Selamat membuat orang lain berbahagia.  Semoga dengan bantuan doa Bunda Maria, Allah Tritunggal Mahakudus (+) memberkati kita  sekalian yang memiliki sikap dan semangat berbagi kasih dan peduli dengan orang lain yang lebih berkekurangan dari kita.  Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *