Keuskupan TNI-Polri Gaungkan Tekad Bersinergi Wujudkan Pelayanan Murah Hati

JAKARTA,KITAKATOLIK.COM—Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) atau yang lebih dikenal dengan Keuskupan Umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri menggaungkan tekad untuk “Bersinergi Mewujudkan Semangat Pelayanan Murah Hati”.

Tekad itu tertuang dan menjadi tema sentral Rapat Karya Perdana Pengurus Keuskupan Umat Katolik TNI dan Polri masa pelayanan 2022-2024 yang diselenggarakan di Wisma Samadi, Klender, Jakarta Timur, Sabtu (2/7/2022).

Seperti dilaporkan Perwira Dokpen OCI, Ign. M. Pundjung T. S.Sos, M.SC, Letkol Laut (KH),  tema tersebut berisi harapan yang  kuat agar dalam menjalankan tugas pelayanan mereka, para pengurus  senantiasa menjalin sinergi untuk mewujudkan semangat pelayanan  yang murah hati, agar ke depan dapat membawa kemajuan bagi keuskupan yang dipimpin oleh  Ignatius Kardinal Suharyo ini.

Dilantik di Katedral

Sebelumnya para pengurus yang berjumlah 104 orang dari seluruh Paroki dan Wilayah di seluruh Indonesia tersebut telah dilantik oleh Ignatius Kardinal Suharyo dalam perayaan Ekaristi di Gereja Santa Maria Diangkat ke Sorga, Katedral Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Pelantikan tersebut merujuk pada Surat Pengangkatan No. 001/OCI/VI/2022 tertanggal 14  Juni 2022. Surat tersebut menekankan perlunya kepengurusan dalam pelayanan murah hati serta mendukung karya pastoral Keuskupan Militer  dan Kepolisian Indonesia demi mendukung kelancaran pelakanaan tugas pengembalaan umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri.

Rapat Karya perdana  pengurus dipimpin oleh Wakil Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri, romo Kolonel Sus Yosep Maria Marcelinus Bintoro, Pr . Rencana yang dirumuskan mencakup kegiatan Dewan Pastoral, Sekretaris, Bendahara, Dewan Antar Lembaga, Dewan Kategorial/Teritorial, Dewan Pengawas hingga kegiatan di masing-masing bidang, seperti Bidang Pelayanan, Bidang SDM, Bidang Dokpen, Bidang HAAK, Bidang Sisinfo, Bidang Perencanaan dan Organisasi dan Bidang Aset.

Perencanaan pelayanan yang telah dirumuskan tersebut diharapkan segera dilaporkan kepada Uskup Umat Katolik TNI dan Polri untuk disahkan dan ditetapkan, sehingga OCI dapat melaksanakan tugas pelayanan pastoral dengan baik.

Sejak 1949

Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) atau Keuskupan Umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri didirikan pada 25 Desember 1949 untuk mendukung prakarsa Menteri Pertahanan RI pada waktu itu, yakni Sultan Hamengkubuwono IX yang membentuk staf khusus untuk mengurusi kebutuhan rohani anggota angkatan perang RI yang waktu itu masih berjuang untuk melawan penjajah Belanda.

Perayaan Ekaristi di lingkungan OCI (ilustrasi)

Pembentukan Keuskupan Militer Indonesia  adalah tanda yang sangat jelas bahwa seluruh umat Katolik sungguh-sungguh mendukung kemerdekaan bangsa Indonesia. Sekarang ini di Asia hanya ada tiga keuskupan yang seperti itu: Indonesia, Filipina  dan Korea Selatan.  (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *