Sambut Hari Orang Muda Sedunia, Paus Fransiskus: Pandanglah Cakrawala Dengan Hatimu!

VATIKAN,KITAKATOLIK.COM—Menyambut Hari Orang Muda Sedunia — World Youth Day (WYD) 2023 di Lisbon, Ibu Kota Negara Portugal pada 1 – 6 Agustus 2023 yang akan datang, Paus Fransiskus mengajak orang dewasa muda untuk membuka dan memandang cakrawala dengan hati mereka.

“Jangan memasang tembok di depan hidup Anda. Dinding atau tembok menutup Anda. Sebaliknya cakrawala membuat Anda bertumbuh. Selalulah memandang cakrawala dengan matamu, dan di atas segalanya, lihatlah dengan dengan hatimu,” pesan Paus Fransiskus melalui video pada hari ini, Jumat (20/1/2023).

“Pada pertemuan ini, selama [Hari Pemuda Sedunia] ini, belajarlah untuk selalu melihat ke arah cakrawala, untuk selalu melihat ke luar,” kata Paus.

Dalam pesan videonya itu, Paus Fransiskus mencatat bahwa 400.000 orang dewasa muda telah mendaftar untuk menghadiri Hari Orang Muda Sedunia itu.

“Ini menarik perhatian saya dan membuat saya gembira bahwa begitu banyak anak muda akan menghadiri  WYD, karena mereka perlu berpartisipasi,” katanya seperti dilaporkan Hannah Brockhaus kepada Catholic News Agency.

Meski mungkin dalam hati beberapa peserta ada yang datang dengan tujuan vakansi dan datang sebagai turis dan bukan sebagai peziarah, Paus menegaskan bahwa mereka pasti menyimpan kerinduan untuk berbagi.

“Dalam lubuk hatinya, dia memiliki rasa haus untuk berpartisipasi, berbagi, menceritakan pengalaman mereka dan menerima pengalaman orang lain,” kata Paus sambil menghimbau agar mereka membuka hati mereka terhadap budaya lain dan kepada remaja putra dan putri lainnya yang akan berada di sana.

“Bersiaplah untuk membuka cakrawala, dan juga untuk membuka hatimu,” kata Paus Fransiskus.

Hari Orang Muda Sedunia diinisiasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1985. Pertemuan tersebut biasanya diadakan di benua yang berbeda setiap tiga tahun dengan kehadiran paus.

Paus Fransiskus diperkirakan akan menghadiri pertemuan Katolik global itu dengan singgah di Lisbon dan Fatima.(Admin/CNA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *